Senin, 22 Maret 2010

KOTA GUDANG

Ada orang yang kaya raya dan seorang tuan tanah di desa pingiran kota yang bernama juragan Nusa. Dia mempunyai rumah yang besar dan dia mempunyai apa saja yang ia inginkan.karena selalu membeli barang-barang baru barang lamanya yang masih bagus dia taruh di gudang yang cukup untuk dijadikan satu rumah karena luas sekali.
Di dalam gudang itu ada sebuah koloni hewan yang di diami oleh banyak binatang yang sering ada di rumah-rumah pada umumnya diantaranyaada tiga sekawan miaa”n (tikus), acep (kecoa) dan vikkar (semut jantan).mereka tingal dalam kota gudang yang dilengkapi barang-barang mewah dan mahal di sana seperti halnya kota ada pemimpin,keamanan sampai ada tempat hiburan karena Juragan Nusa juga membuang begitu saja piringan hitam pemberian ayahnya karena saat ini sudah ada radio.
Vikkar menyukai liviy (semut betina) cantik setelah bertemu di sebuah pasar rakyat. Karena ia sanagt menentang kebijakan ayahnya yang menaikan pajak bagi rakyat dan menurangi bagi para bangsawan.Liviy merupakan anak gurbenur kota gudang yang sangat tegas pada peraturan.ketika cinta vikkar dan liviy bersemi vikkar malah ditentang habis-habisan oleh keluarga liviy. Karena, vikkar keluarga bukan bangsawan dan liviy mau di jodohkan.oleh pilihan ayah liviy yang juga keturunan bangsawan
Namun, sebelum semua terjadi Juragan Nusa mencari-cari piringan hitam milik ayahnya yang ia buang begitu saja.setelah ia menonton acara televisi bahwa piringan hitam merupakan barang berharga dan mahal yang bernilai historis sangat tinggi.ia terkejut bukan main karena piringan hitam itu telah rusak dan patah akibat pembangunan kota gudang oleh para binatang kota gudang. Juragan Nusa marah besar ia langsung menyirami gudang dengan racun dan membuat perangkap.
Sebagian besar warga kota gudang pergi menyelamatkan diri dan sebagian lainnya terperngkap dan sisanya di mati terkena racun.dan ternyata vikkar,acep dan miaa”n selamat dari musibah itu karena berada di atas langit-langit.lain halnya dengan liviy dia bersama ayahnya terperangkap dalam jebakan yang di buat Juragan Nusa.
Vikkar bersih keras buat mencari liviy di bantu oleh teman-temannya.ia menembus keluar rumah Juragan Nusa yang sebelumnya mereka tidak pernah keluar.di luar mereka banyak menemui rintangan juga teman baru dan musuh.
Setelah diluar perjalanan di lanjutkan sampai ketaman Juragan Nusa yang luasnya besar sekali. Berjalan tanpa arah sambil bertanya-tanya pada setiap binatang lain yang mereka temui. Mulai dari cacing tanah (toton),kumbang(uca) sampai pada binatang ternak ayam (miko) sampai akhirnya mereka di kejar oleh kucing garong yang rakus hingga terperosok kedalam sungai dan berhingap pada sebatang kayu dan berpetualang menyusuri sungai namun ini yang membuat mereka bertemu oleh (sifut) yang member tahu vikkar dan kawan-kawan bahwa liviy dan warga kota gudang yang terperangkap di buang ke sebuah tempat yang bernama bojong yang merupakan tempat pembuangan sampah akhir.
Vikkar dan kawannya bergegas menuju kesana yang sudah di beri tahu jalan oleh (sifut) sampai disana mereka di hadang oleh germbolan semut merah yang besar-besar mereka adalah penjaga tempat bojong yang di pimpin oleh ratu semut.setelah bercerita tentang yang terjadi mereka langsung di pertemukan oleh ratu semut dan bertanya apa liviy dan warga kota gudang tingal disini.
Benar ternyata mereka ada di bojong namun sebagai budak.untuk bertemu bisa saja namun untuk membebaskan liviy dan warga kota gudang harus ada upeti yang diserahkan. Karena vikkar dan kawan-kawanya tidak mempunyai apa-apa mereka bernegosiasi dengan ratu agar di ringankan namun sebaliknya. Mereka harus melawan orang terhebat di kota bojog. Namun akan ketulusan dan niat yang baik mereka menang dan mengalahkan jagoan kota bojong. Walau dengan luka parah Vikkar dan kawan-kawan berhasil membawa liviy dan warga kota gudang ketempat yang layak dan ayah liviy menjadi senag kepada vikkar yang di angakat menjadi gurbenur kota gudang yang baru walau pun mereka tidak tingal di gudang lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar