Jumat, 20 November 2009

POPULARITAS MOTOR MATIK

Masih banyak yang bertanya-tanya akan kemampuan sepeda motor yang satu ini.karena takut boros dan lemah ketika di bawa berkendara jauh.anggapan yang salah jika belum mengetahui kekuatan motor yang sedang trend ini,dengan harga yang terjangkau kisaran dari 11 juta sampai 15 jutaan. awalnya motor ini di ciptakan untuk para kaum hawa ini pda kenyataannya jadi tebalik jadi di sukai para kaum adam dari yang muda hingga yang tua karena motor ini mudah dan lincah di pakai dalam kota atau kata lainnya easy ride.pasalnya system kendali geraknya sepeda motor ini hanyalah gas pada tangn kanan pengguna.tidak seperti pada motor bebek atau sport yang system kendali geraknya megunakan gas,gigi persenelig dan kopling pada motor sport . teknologi pintarnya yang membuatnya mudah dikendalikan yang di sebut CVT (countinously variable transmition) hingga perpindahan yang terjadi pada system ini tidak terjadi dengan girboks melainkan dengan dua buah puli utama (lempengan besi bulat). Puli pertama berfungsi sebagai pengerk dan yang kedua berfungsi sebagai hubungan dengan tali karet (v-belt) yang besar diameternya dapat besar dan mengecil sesuai dengan kebutuhan kecepatan saat berjalan.
Seperti yang di katakana oleh iyan mekanik dari Cahaya motor ,plumpang ‘sepeda motor pintar dengan system kinerja cvt dengan pulinya sebagai transfer tenaga dari mesin keban berjalan dengan sempurna.ia,juga mengatakan jangan pernah menghentakan gas pada sepeda motor matik jika belum terbiasa memang sulit tetapi coba untuk mengunakannya dengan buka tutup gas yang teratur atau di urut’terangnya
Untuk jauh-jauh Dodi dari Jakarta mio club lebih tahu pasalnya beliau merupakan salah satu pendiri komunitas club matik yang berdiri pada tahun 2004 pada saat salah satu sepeda motor matik ini keluar.mengatakan bahwa sudah banyak tempat yang sudah didatanginya dan kawan seperti titik 0 kilometerdi Sabang,Lampung ,Surabaya,Yogyakarta,Bandung,Semarang, Bali,Ntb dan hampir seluruh Indonesia. juga faisal mengatakan jangan takut mengunakan sepeda motor matik jauh-jauh’ terangnya.

Hingar bingarnya terdengar sampai kesirkuit sentul, tentu sudah tidak asing lagi dengan sirkuit nasional dan terbesar yang kita miliki ini saat ini. Menjadi bukti ketangguhan motor matik dengan berbagai jenis.dalam suatu perlomban di seri perdana saja di awal bulan maret sudah di jejali oleh peserta pembalap matik yang ada.bahkan telah menggeser dominasi balap road race di kelas motor bebek yang pesertanya hanya beberapa pembalap. Dan dari fast lap sentul kecil motor matik pada kelas bore up dapat mengalahkan fast lap motor bebek.
Yang pasti tak ada yang di ragukan tentunya. Juga soal spert part,asecories dan blot on (spert part racing yang tinggal pasang).barang ini sekarang banyak melimpah di toko atau bengkel motor.yang hebohnya blot on pada mio dengan bore up nya dari 150-200 cc untuk motor mio dengan harga dari 500 ribu sampai satu juta untk yang 200 cc.bahkan dan informasi terakhir didapan TDR racing mempunyai mio dengan kapasitas silender 325cc Coba saja dengan bore up seperti itu start di lampu merah pasti mencengangkan lari dan powernya bahkan motor sport pun kesulitan untuk mengejar. Apalagi Motor matik yang sudah di bore up dan indentik dengan kelincahnya serta kemudahan dalam pendalian motor
Dan semua pabrikan motor di Indonesia masih terus berlomba dalam
beinovasi dengan motor unutk menarik hati para pecinta motor matik yang ada di Indonesia.Honda dengan vario tecnonya(combi break system).yamaha dengan mio soul dan sporty dengan wajah barunya. dan Suzuki dengan sky drivenya tentunya para pabrikan tersebut akan terus berinovasi untuk menunjukan motor matik yang terbaik.dan terlaris penjualan. market Indonesia adalah merupakan pasar yang cocok untuk sepeda motor matik karena untuk menembus kemacetan-kemacetan yang ada di Jakarta. Kita lihat saja dari forum atau wadah yang ada untuk menaungi club dan community yang berjibun mengatas namakan matik. “Di Jakarta saja lebih dari lima klub besar yang biasanya mempunyai angota lebih dari 1000 belum lagi community yang tidak terhitung lagi dn itu pun baru dari komunitas pencinta motor matik mio saja belum dari motor matik lainnya yang mulai banyak mengeluarkan produk terbarunya” terang Dodi dari Jakarta mio club yang tak terhitung berapa mio yang telah ia miliki selain itu di rumahnya ia juga motor matik lain.















PULI PERTAMA PULI KEDUA TALI KARET (V-BELT)





Inilah yang di sebut dengan CVT (countinously variable transmition) hingga perpindahan halus dilakukan karena dengan tali karet (v-belt) dan cara kerjanya diameter puli dapat berubah membesar saat baru bergerak dan mengecil saat melaju dan semakin mengecil saat bertambah cepat sesuai kecepatan yang di butuhkan pengendara saat berjalan dan sistem ini yang memungkinkan motor matik bergerak dengan cepat.












PENUTUP



• KESIMPULAN

Sepeda motor matik merupakan sepeda motor yang sedang trend.denagn harga di bawah harga motor bebek matik merupakan produk terlaris saat ini dan paling banyak di pakai dengan menggunakan teknologi terbaru yang bukan hanya hebat tapi kuat dan tangguh. Karena telah banyak yang mecobanya,jadi mudah-mudahan tidk ada lagi keraguan untuk memiliki sepeda motor matik ini yang mudah dan lincah apa lagi dalam kemacetan seperti di Jakarta.juga mudah merawatnya karena lebih simple n dengan system pengerak terbaru

1. SOLUSI
Buat kerusakan atau pun penggantian tali karet (v-belt), buka tutup cvt mulai dari cover sampai blok buka dengan kunci 8 lalu buka kedua puli denagn menggunakan kunci khusus puli lalu bersihkan menggunakan lap dengan catatan jangan pernah mengunakan minyak atau air karena akan membuat licin puli terhadap tali karet lalu pasang tali karet baru (v-belt) dan panga kembali blok dan cover cvt .

2. KEGUNAAN
CVT (countinously variable transmition) hingga perpindahan halus dilakukan karena dengan tali karet (v-belt) dan cara kerjanya diameter puli dapat berubah membesar saat baru bergerak dan mengecil saat melaju dan semakin mengecil saat bertambah cepat sesuai kecepatan yang di butuhkan









• PENUTUP

Terima kasih kepeda ALLAh SWT saya dapat menyelesaikan tugas ini juga teman-teman yang telah membantu say dalam mengerjakan tugas ini.senoga tugas ini dapat bemnfaat bagi saya dan yang membacanya.jika ada salah kata dan kata-kata yang kurang saya mohon maaf yang sebesar-besarnya


• SARAN
Usahakan busa filter dalam saringan di cover cvt selalu di besih kan setiap kali service agar tetap cvt bersiah dan tidak mengeluarkan suara berdecit saat berjalan.

















































KATA PENGANTAR


Segala puji bagi ALLAh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya. Sehingga saya dapat membuat tugas ini.saya juga mengucapkan terima kasih kepada om dodi(Jakarta mio club) selaku pendiri club tersebut dan iyan mekanik dari (cahaya motor). Juga kedua orang tua saya yang selalu membantu dan mendukung saya dalam mengerjakan tugas ini.serta teman-teman yang telah memberikan masukan-masukan dalam mengerjakan tugas ini.

Tugas ini bertujuan untuk menginformasikan masyarakat tantang motor matik ini tang sedang popular juga bagaimana, system penggerak yamg digunakan oleh sepeda motor tersebut

Semoga tugas ini yang telah saya buat dapat bermanfaat bagi saya dan juga pembacanya.saya mengharapkan saran dan keritik dari semua pihak untuk kesempurnaan tugas yang telah saya buat ini.







JAKARTA,10 NOVEMBER 2009


PENYUSUN







PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Saya mengambil tema popularitas motor matik karena, motor yang sedang trend ini,dengan harga yang terjangkau kisaran dari 11 juta sampai 15 jutaan. awalnya motor ini di ciptakan untuk para kaum hawa ini pda kenyataannya jadi tebalik jadi di sukai para kaum adam dari yang muda hingga yang tua karena motor ini mudah dan lincah di pakai dalam kota. teknologi pintarnya yang membuatnya mudah dikendalikan yang di sebut CVT (countinously variable transmition) hingga perpindahan yang terjadi pada system ini tidak terjadi dengan girboks melainkan dengan dua buah puli

B. Metode Penulisan

• Wawancara
Wawancara yang saya lakukan terhadap mekanik dari cahaya motor dan anggota club matik dari Jakarta mio club
1

C. Tujuan

Tugas ini saya lakukan untuk mengetahui lebih jelas tentang sepeda motor matik ini dengan tujuan meyakinkan masyarakat bahwa motor ini tidak lemah dan boros dan juga mudah di kendarai siapa pun.



















NAMA : ALMAREZA.SAPUTRO

KELAS : 2 EA 11

NPM : 10208095

Tidak ada komentar:

Posting Komentar